Saat ini madrasah sudah mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka meski masih terbatas seiring dengan menurunnya kasus COVID-19. Hybrid Learning atau pembelajaran hibrida merupakan merupakan salah satu pilihan metode pembelajaran yang menggabungkan sistem daring dan luring dalam satu waktu. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru-guru madrasah untuk merancang strategi komunikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi guru dalam pembelajaran ekonomi di MAN 1 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi sangat penting dilakukan, terutama untuk mengurangi kesalahpahaman dan bias maksud komunikasi dalam pembelajaran ekonomi dengan metode hybrid learning. Selain itu, komunikasi yang efektif akan membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran. Untuk itu diperlukan langkah-langkah strategis: 1) Memahami karakteristik siswa; 2) Menerapkan komunikasi dua arah; 3) Menyusun strategi komunikasi yang meliputi langkah memilih dan menetapkan komunikator, menetapkan target dan sasaran, menyusun pesan, dan memilih media atau saluran komunikasi.
Pembelajaran hibrida, pembelajaran ekonomi, strategi komunikasi guru