Readiness and job prospects of english tadris students: a form of application and objectives for independent learning

Abstract

Salah satu tujuan dari Merdeka balajar dalam perguruang tingga adalah melahirkan lulusan yang memiliki daya saing dalam skala Internasional. Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah UIN Imam Bonjol Padang merupakan Program Studi yang diharapkan mampu melahirkan tamatan yang memiliki kopetisi global dan kreativitas untuk bersaing didunia kerja setelah menamatkan pendidikan. Dengan adanya pencanangan Merdeka Belajar oleh mentri Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai respon perkembangan zaman yang sudah diwarnai oleh perkembangaan teknologi dalam bentuk digitalisasi, maka perubahan permintaan dan kebutuhan masyarakat akan lulusan Tadris Bahasa Inggris juga berkembang. Tidak hanya untuk menjadi guru dikelas para tamatan Program Studi ini diharapkan mampu menjadi para professional d pada bidang pengajaran bahasa Inggris dengan memanfaatkan ketersediaan teknologi dan sumberdaya lainnya seperti menjadi erterpreneur pembelajaran bahasa Inggris Online, kursus Online, ELT Aplication Creator dan lain - lain. Untuk merespon hal ini maka pihak Program Studi disamping mampu menciptakan program dan mengadakan penyesuaian terhahadap kurikulum yang dipakai pihak Prodi juga diharapkan mampu merespon Kebijakan Merdeka Belajar sehingga mampu meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh calon lulusan. Untuk itu, perlu adanya kajian yang membahas tentang Kesiapan dan Prospek Kerja Mahasiswa Tadris Bahasa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang.

Keywords

Kesiapan, prospek kerja, merdeka belajar

References

  • Buku Saku Panduan Merdeka Belajar Kamppus Merdeka. 2020. Direktorate Jendral Perguruan Tinggi. Kementrian Pendidikan Pendidikan danKebudyaan.
  • Deni, Testiana.2019. Video Animation as Teaching Media in ELT. Prominent journal. Volume 2, Number 2
  • Freeman, R .1997. Managing Open Systems. London: Kogan Page.
  • Fridani, Lara. 2009. Inspiring Education: Kisah Inspriratis Pembelajran Anak Usia Sekolah Dasar, Bandung: Alex Media Komputindo.
  • Language Education in Asia. 2011. Using YouTube in the EFL Classroom Jon Watkins Kwansei Gakuin University. Japan Michael Wilkins Kansai University of International Studies. Volume 2, Issue 1
  • McPherson, M.A. and Nunes, J.M.B. . 2004 ‘The role of tutors as an integral part of online learning support’, European Journal of Open and Distance Learning. Di Kutip dari http://www.eurodl.org/materials/contrib/2004/Maggie_MsP.html . Diakses 20 Oktober 2020
  • McDonough, J., Shaw, C. and Masuhara, H.2013. Materials and Methods in ELT. A Teacher’s Guide. Third Edition.Oxford: Wiley-Blackwell.
  • Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 3 Tahun 2020. Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
  • Richards, J. 2001. Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge:Cambridge University Press.
  • Wiliams, Jill.2003.Promoting independent Learning in the Primary classroom. Buckingham: Open University Pres.
  • Yamin dan Syarif, 2020. Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran) Jurnal Ilmiah Mandala Vol. 6. No. 1. April 2020

DOI : https://doi.org/10.32698/icftk398