Development of thematic learning teaching materials using the visual storytelling method in elementary schools

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar tematik dengan metode storytelling untuk pendidik kelas V yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan berdasarkan model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Kevalidan dilhat dari segi isi, bahasa, penyajian, kegrafikaan dan RPP, keseluruhan 85. % dengan kategori valid. Pratikalitas bahan ajar dilihat dari respon pendidik, 90 % respon peserta didik 90 %. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik menggunakan metode visual storytelling yang dikembangkan layak digunakan di kelas V SD.

Keywords

Bahan ajar, pembelajaran tematik, metode visual storytelling

References

  • Chao-Fernandez, R., Román-García, S., & Chao- Fernandez, A. (2017). Online Interactive Storytelling As A Strategy For Learning Music And For Integrating Pupils With Hearing Disorders Into Early Childhood
  • Education (Ece). Procedia - Social And Behavioral Sciences, 237(June 2016), 17–22. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2017.02.00 5
  • Desyandri, D., & Vernanda. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah. Seminar Nasional Hdpgsdi Wilayah 4, 163–174.
  • Irawati, R. P., & Elmubarok, Z. (2015). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Tematik Berkarakter Bagi Siswa Sd Melalui Sastra Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 81–96.
  • Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Implementasi Kurikulum. Permendikbud.Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324 .004
  • Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017).Pengembangan Bahan Ajar Tematik- Integratif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan
  • Karakter. Https://Doi.Org/10.21831/Jpk.V7i1.15503
  • Mayarnimar, & Taufina. (2017). Validity Analysis Of The Vark (Visual, Auditory, Read-Write,
  • And Kinesthetic) Model - Based Basic Reading And Writing Instructional Materials For The 1st Grade Students Of Elementary School. In Social Science, Education And Humanities Research (Vol. 118, Pp. 870– 874). Https://Doi.Org/10.2991/Icset- 17.2017.141
  • Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Viva Pres.
  • Rizka Novia Rohmawati, Muslimin Ibrahim, & Nur Ducha. (2014). Keefektifan Digital Storytelling Dalam Pembelajaran Biologi Untuk Siswa Sma Pada Materi Bioteknologi. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 3(3), 522–527.
  • Sapitri, E., Mudjiran, & Taufina. (2019). Developing Learning Materials Of Narrative Writing Based On The Thinking Ability Improvement Learning Model For Third Grade Student Of Elementary School. In
  • Social Science, Education And Humanities Research (Vol. 178, Pp. 226–229).
  • Sugiono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, And Pendekatan Kuantitatif. “Kualitatif dan R&D.” Bandung: Alfabeta.
  • Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.
  • Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Https://Doi.Org/10.1007/S13398-014-0173- 7.2
  • Taufina, & Chandra. (2017). Developing The Big Questions And Bookmark Organizers (Bqbo)Strategy-Based Literacy Reading Learning Materials In The 4th Grade Of Elementary
  • School. In Social Science, Education And Humanities Research (Vol. 118, Pp. 857–864). Https://Doi.Org/10.2991/Icset- 17.2017.139
  • Taufina, M. (2017). Developing Literacy Reading Teaching Materials By Using Big Books As An Effort To Build The 2nd Grade Students’ Characters In Elementary School. Atlantis
  • Press, 118, 835–844. Https://Doi.Org/10.2991/Icset-17.2017.136
  • Uno, H. H. B. (2010). Model Pembelajaran:Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. Https://Doi.Org/10.1038/Cddis.2011.1
  • Zammit, J., Gao, J., & Evans, R. (2016). Capturing And Sharing Product Development Knowledge Using Storytelling And Video Sharing. Procedia Cirp, 56, 440–445. Https://Doi.Org/10.1016/J.Procir.2016.10.08 1

DOI : https://doi.org/10.32698/ICSAR-11514