Sains adalah materi kompleks yang mengandung nyata hingga abstrak, dan makroskopik hingga mikroskopis. Sains adalah materi yang dihasilkan secara empiris dan analitis yang dapat dibuktikan kebenarannya melalui kegiatan pembelajaran yang mendalam. Pembelajaran IPA khususnya di masa pandemi COVID-19 harus dilakukan secara online, sehingga membutuhkan inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru agar tujuan pembelajaran tetap dapat tercapai. Pembelajaran berbasis masalah adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa yang menggunakan masalah yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Penerapan PBL diharapkan dapat memaksimalkan proses pembelajaran IPA yang dilakukan meskipun dilakukan dalam pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang bagaimana hasil penggunaan pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran online khususnya pada materi IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PBL pada pembelajaran online dapat membuat siswa termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran IPA. Penerapan PBL dalam pembelajaran online materi IPA juga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam IPA.
Problem based learning, online learning, science education