The use of problem based learning as an alternative during online learning on science material in the era of the covid-19 pandemic

Abstract

Sains adalah materi kompleks yang mengandung nyata hingga abstrak, dan makroskopik hingga mikroskopis. Sains adalah materi yang dihasilkan secara empiris dan analitis yang dapat dibuktikan kebenarannya melalui kegiatan pembelajaran yang mendalam. Pembelajaran IPA khususnya di masa pandemi COVID-19 harus dilakukan secara online, sehingga membutuhkan inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru agar tujuan pembelajaran tetap dapat tercapai. Pembelajaran berbasis masalah adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa yang menggunakan masalah yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Penerapan PBL diharapkan dapat memaksimalkan proses pembelajaran IPA yang dilakukan meskipun dilakukan dalam pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang bagaimana hasil penggunaan pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran online khususnya pada materi IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PBL pada pembelajaran online dapat membuat siswa termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran IPA. Penerapan PBL dalam pembelajaran online materi IPA juga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam IPA.

Keywords

Problem based learning, online learning, science education

References

  • Amalia, G.R., & Hardini, A, T, A. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbasis Daring terhadap hasil Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 6(3), 424-431
  • Andrianto, P. R. dkk. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60.
  • Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Daring Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal MATRIK, 18(2), 339–346.
  • Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 282–289.
  • Argaw, A.S. dkk. (2017). The Effect of Problem Based Learning (PBL) Instruction on Students’ Motivation and Problem Solving Skills of Physics. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education. 13(3):857-871. Doi 10.12973/Eurasia.2017.00647a
  • Ismiyono. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring melalui Penerapan Model Problem Based Learning Siswa Kelas IV SD Negeri Sambeng. Junal Kualita Pendidikan 1(3), 63-67
  • Kristiawan, R., dkk. (2022). Peningkatan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning. Educaif: journal of Education Research, 4(3), 57-64
  • Maidan. (2020). Impact of Problem-Based Learning (PBL) model through Science Technology Society (STS) approach on Students’ Interest. Journal Of Physics: Conference Series, 1460 012145. Doi:10.1088/1742-6596/1460/012145
  • Mulyani, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Masa Pandemi Covid-19. Navigation Phyics, vol 2, no 2
  • Pawicara, R. & Conili, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 1, No.1 , 29-38
  • Pratiwi, S.N, dkk. (2019). Problem-Based Learning with Argumentation Skills to Improve Students’ Concept Understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1155(2019)012065.Doi:10.1088/1742-6596/11555/1/012065
  • Putri, C, D, dkk. (2020). Problem Based Learning Terintegrasi STEM di ERA Pandemi COVID-19 untuk Meningkatkan Keterampilan berfikir Kritis Siswa. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, vol 2, no 2, hal 193-204
  • Santyasa, I.W, dkk. (2019). Problem-Based Learning model versus direct instruction in achieving critical thinking ability viewed from students’ social attitude in learning physics. Atlantis Press: Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Vol. 335
  • Sobron, A.N. dkk. (2019). Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Enterpreneurship VI Tahun 2019
  • Sutrisno, A. (2019). Perbedaan Kemampuan Kognitif Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Leaning (PBL), Project Based Learning (PjBL) dan Inkuiri di SMP Negeri 24 Bengkulu Utara. Seminar Nasional Sains & Enterpreunership, vol.1, no.1
  • Yasmini, I. G. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Journal of Education Action Research, vol. 5, no. 2, 159-164

DOI : https://doi.org/10.32698/ISPIVIII579